Google SketchUp | Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

Google SketchUp Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

Google SketchUp | Pengertian, Kelebihan, dan Manfaat Google SketchUp – merupakan salah satu program aplikasi gratis dari Google yang berbasis 3D. Aplikasi ini dapat kita gunakan untuk membantu menyempurnakan sebuah gagasan/ide desain kedalam model 3D. Namun sketchup bukanlah CAD (Computer Aided Design) yang dirancang lebih kepada penekanan akurasi data desain dengan toleransi “command” (perintah pada program aplikasi) yang menjadi kompleks.

Sketchup lebih dirancang untuk eksplorasi desain sehingga memiliki kemampuan kreasi yang sangat tinggi, mengamati, dan memodifikasi gagasan 3D dengan cepat dan dengan mudah karena ditunjang oleh “tool-set” (piranti/alat) yang sempurna sesuai dengan kebutuhan desain namun dikemas secara sederhana.

Dengan sketchuup desain menjadi sangat “editable”, memodifikasi komponen sangat interaktif serta memiliki kemampuan komunikasi grafis, yang tidak kalah menarik.

Sketchup tetap memiliki kemampuan mendesain secara akurat bahkan mendekati permasalahanpada tingkatan abstrak yang menjadi target desain. Dengan kemampuannya mendesain secara akurat selayaknya CAD maka sketchup memiliki “integrasi” terhadap program aplikasi CAD.

Dengan kelebihan tersebut sketchup sanagt efektif dan efisien dalam mendesain terutama untuk diaplikasikan dalam dunia kerja yang sangat mengutamakan kecepatan proses mewujudkan gagasan kedalam suatu model presentasi tanpa mengabaikan totalitas desainnya itu sendiri. Dalam hal ini sketchup sangat membantu dalam presentasi “Arsitektur”.

Pengertian Google Sketchup

Google sketchup merupakan aplikasi berbasis desain gambar yang mudah dan cukup powerfull, dibalik tool yang sederhana ternyata software ini bisa dibandingkan dengan software sejenisnya untuk gambar tiga dimensi seperti desain rumah atau yang lainnya. Tidak haya itu, google sketchup mempunyai banyak kelebihan dalam hal teknik gambar, begitu cepat, mudah, dan efisien, apalagi kalau digabungkan dengan plugugi vray, sejenis software rendering yang paling populer sekarang, hasilnya bisa lebih bagus.

Google sketchup merupakan software untuk membuat, memodifikasi, dan mempertukarkan model 3D. Program ini sangat mudah dipelajari, lebih mudah dari program 3D modeling lain yang selama ini banyak dikenal dan digunakan dikomputer desktop. Google sketchup mulai banyak digunakan orang karena kecepatan dan kemudahan pemakaiannya. Google sketchup di lengkapi tool-tool yang disederhanakan, disertai system penggambaran terpadu, dan tampilan yang tidak rumit.

Sejarah Google SketchUp

SketchUp merupakan sebuah program pemodelan 3D yang dirancang untuk arsitek, insinyur sipil, pembuat film, game developer, dan profesi terkait. Ini juga mencakup fitur-fitur untuk memfasilitasi model penempatan di Google Earth. Aplikasi ini dirancang untuk menjadi lebih mudah digunakan dibandingkan program CAD 3D.

Sebuah fitur SketchUp adalah 3D Warehouse yang memungkinkan pengguna SketchUp mencari model yang dibuat oleh orang lain dan berkontribusi model.SketchUp ini dikembangkan oleh perusahaan startup @ Last Software, Boulder, Colorado yang dibentuk pada tahun 1999. Sketch Up pertama kali dirilis pada bulan Agustus 2000 sebagai tujuan umum alat pembuatan konten 3D. Aplikasi ini memenangkan penghargaan Community Choice Award di sebuah pameran pada tahun 2000. Kunci keberhasilan awal adalah masa belajar yang lebih pendek dari pada alat 3D lainnya.

Pada tanggal 14 Maret 2006, Google mengakuisisi @ Last Software, karena Google tertarik buat plugin untuk Google Earth.

Pada 9 Januari 2007, SketchUp 6 dirilis, yang menampilkan alat-alat baru serta versi beta Google SketchUp Layout. Vektor 2D Layout termasuk peralatan, serta alat-alat tata letak halaman dimaksudkan untuk memudahkan bagi paraprofesional untuk membuat presentasi tanpa berkerjasama dengan pihak ketiga program presentasi.

Pada tanggal 9 Februari 2007, sebuah pembaruan dirilis. Ini mengoreksi beberapa bug, tetapi tidak membawa fitur baru.

Pada 17 November 2008, SketchUp 7 sudahdiluncurkan, dengan kemudahan penggunaan, integrasi SketchUp’s Komponen Browser dengan Google 3D Warehouse, Layout 2 komponen dinamis yang merespon tepat untuk scaling dan peningkatan kinerja API Ruby.

Pada tanggal 27 April 2006, Google mengumumkan Google SketchUp, yang bebas-download versiSketchUp. Versi gratis ini beda dengan versiSketchUp Pro, tetapi terpadu mencakup alat untuk meng-upload kontenke Google Earth dan Google 3D Warehouse, repositori model dibuat dalam SketchUp.

Mereka juga menambahkan kotak peralatan baru di mana Anda dapat berjalan, melihat segala sesuatu dari sudut pandang seseorang, label untuk model, melihat-lihatalat, dan “Setiappoligon” bentukalat.

Sedangkan versi gratis dari Google Sketchup 3D hanya dapat mengeksporke SKP dan Google Earth.Kmz format file, versi Pro bisamengekspordanmemasukkan .3 ds,.Dae,. DWG,. DXF,.Fbx,.Obj,.XSI ,dan.wrl format file. Source : sumber 

Kelebihan Dari Aplikasi Google Sketchup

Google sketchup memiliki beberapa keunggulan, yaitu :

Gratis
Mudah dipelajari
Ringan, tidak membutuhkan spec komputer tinggi
Tampilan desain langsung terlihat bagus tanpa harus menunggu proses render terlebih dahulu.
Dapat mengimpor tipe file dwg, 3Ds, dan semua tipe gambar.

Kekurangan Dari Aplikasi Google Sketchup

Adapun kekurangan atau masalah pada aplikasi google sketchup adalah saat mencoba membuat permukaan kubah dikarenakan oleh bawaan alat extrude yang rumit, walaupun menekan atau menarik garis lurus di anggap mudah. Karena sifatnya garis, program ini juga kekurangan beberapa fitur canggih yang dimiliki oleh pesaing-pesaing beratnya.

Nah Jika anda tertarik untuk mengikuti / belajar Google Sketchup ini anda bisa mengikuti program Kursus SketchUp Jogja

Summary
Review Date
Reviewed Item
Kursus google sketchup jogja ini sangat membantu sekali untuk belajar sketchup untuk pemula.