Kursus Pemrograman Web Jogja dengan PHP dan MySQL

Kursus Pemrograman Web Jogja dengan PHP dan MySQL merupakan sebuah tempat yang sangat cocok untuk anda yang ingin belajar pemrograman web menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Database MySQL.

Kursus Pemrograman Web Jogja dengan PHP dan MySQL

Berikut ini adalah beberapa materi yang akan diberikan saat pelaksanaan Kursus Pemrograman Web Jogja dengan PHP dan MySQL :

Silabus Kursus Pemrograman Web Jogja dengan PHP dan MySQL

  1. Pengantar PHP
  2. Variabel dan Konstanta dalam PHP
  3. Tipe Data dan Operator PHP
  4. Struktur Kendali di PHP
  5. Array dalam PHP
  6. Fungsi dalam PHP
  7. Form dalam PHP
  8. Session dalam PHP
  9. Pengantar MySQL
  10. Koneksi PHP dan MySQL
  11. Pembuatan Website Sederhana Menggunakan PHP dan MySQL

Komponen Penyusun Web

Kursus Pemrograman Web Jogja dengan PHP dan MySQL, Dalam menyusun sebuah web tentunya ada bermacam-macam komponen yang harus kita siapkan untuk membuat sebuah website, komponen ini identik dengan perangkat lunak dan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi web baik web statis maupun web dinamis.

Berikut ini adalah beberapa komponen penyusun sebuah web

  1. Bahasa Pemrograman / Scripting Language

Secara garis besar ada 2 kategori script yang dibutuhkan untuk membangun sebuah aplikasi berbasis web yaitu :

Untuk membuat sebuah aplikasi web statis maka script yang digunakan cukup jenis client side scripting. Untuk membuat web dinamis maka script yang digunakan adalah gabungan antara client side scripting dan server side scripting.

  1. Web Editor

Merupakan sebuah program aplikasi yang berfungsi untuk mengetikkan perintah-perintah dokumen web baik client side scripting maupun server side scripting. Saat ini banyak sekali tersedia web editor mulai dari yang paling sederhana hingga yang lebih smart. Mulai dari web editor yang berbayar hingga menggunakan web editor yang gratis. Sebagai contohnya adalah Notepad++, Subline Text.

  1. Web Browser

Web Browser merupakan program yang berfungsi untuk menampilkan dokumen-dokumen web dalam format HTML. Bagaimana halaman web yang dibuat ditampilkan sangat tergantung pada web engine yang digunakan oleh masing-masing browser. Semua jenis web browser yang ada saat ini mengikuti standarisasi yang di buat oleh World Wide Web Consorrtium (W3C) yang merupakan badan independen yang mengurus semua hal yang berkaitan tentang web di dunia. Berikut ini adalah contoh web browser yang populer digunakan oleh user yang ada diseluruh dunia :

  • Web Engine WebKit : Safari, Google Chrome
  • Web Engine Trident : Microsoft Internet Explorer, Maxthon
  • Web Engine Gecko : Mozilla Firefox
  • Web Engine Presto : Opera
  1. Web Server

Web Server adalah sebuah program aplikasi yang memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan dokumen-dokumen web. Jadi semua dokumen web baik yang ditulis mengguunakan client side scripting maupun server side scripting ini tersimpan di dalam directori utama web server.

  1. Database Server

Database Server adalah program yang digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dihalaman web. Database ini biasa disebut dengana Database Management System (DBMS) adalah sebuah aplikasi yang menjembatani user dan data-data di dalam database. Dengan menggunakan DBMS user mampu mengolah data-data yang ada di dalam database secara mudah dan cepat.

  1. Image Editor

Image Editor merupakan program aplikasi yang berfungsi untuk melakukan pengolahan gambar / image. Biasanya gambar dibutuhkan di halaman web untuk mempercantik halaman web. Selain program pengolah gambar, sebuah dokumen web biasanya bisa disisipkan animasi di dalamnya sehingga membutuhkan program pengolah animasi juga. Saat ini banyak sekali program untuk mengolah gambar, animasi, video baik yang berbayar maupun yang gratis.

Jika anda tertarik untuk belajar pemrograman web anda bisa mencoba program Kursus Pemrograman Web Jogja dengan PHP dan MySQL ini. Jika ada yang mau ditanyakan silahkan hubungi halaman Contact.